Tempat Wisata Religi Mesjid Al Akbar Surabaya

Mesjid Al-Akbar Surabaya atau yang lebih dikenal dengan Masjid Agung Surabaya merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid ini berlokasi di Jl. Masjid Al Akbar no 1 Pagesangan, Surabaya.

Masjid megah dan agung ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi ketika Anda bekunjung ke Surabaya. Masjid ini memiliki suatu keunikan dan cir khas dengan satu kubah utamanya yang berwarna biru, empat kubah kecil dengan warna biru, serta menara yang mencapai ketinggian 99 m.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kota Surabaya sebagai kota Pahlawan yang mana di kota tersebut terdapat beberapa bangunan yang cukup iconic dan menjadi landmark kota tersebut. Dan, Masjid Agung tersebut menjadi salah satu bangunan yang merupakan icon dari kota Surabaya.



Masjid megah yang berada di kota Surabaya tersebut memiliki luas bangunan sekitar 28.509 meter persegi dan masjid tersebut mampu menampung jamaah hingga 59 ribu orang. Mesjid Al-Akbar Surabaya tersebut dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995 yang mana fungsi dari masjid agung ini selain dimanfaatkan sebagai pusat peribadatan juga sebagai pusat dakwah, pendidikan, budaya serta wisata religi.

Baca Juga : Tempat Wisata Pulau Bangka Eksotis

Dengan lahan yang cukup luas pada area masjid tersebut diharapkan hal ini bisa memberikan nilai positif terutama bagi warga sekitar untuk bisa lebih giat dan aktif dalam menjalani keseharian. Dengan tujuan dan fungsi masjid yang tak hanya sebagai tempat peribadatan semata, maka fasilitas yang tersedia di kawasan masjid ini pun lebih variatif mulai dari perpusatakaan, ruang aula, menara, dan lainnya.

Rancang bangun arsitektur pada bangunan Mesjid Al-Akbar Surabaya ini dikerjakan oleh tim dari Institut Teknologi Surabaya bersama para konsultan ahli yang memang memiliki pengalaman banyak dalam membangun masjid besar di Indonesia ataupun di negara lainnya.

Lahan di mana digunakan untuk pembangunan masjid besar ini ternyata merupakan lahan yang labil yang mana tidak aman ketika menggunakan sistem pondasi biasa sehingga sistem pondasi yang digunakan adalah pondasi dalam atau yang lebih dikenal dengan sistem pakubumi.

Ada lebih dari 2000 tiang pancang yang digunakan untuk membuat pondasi masjid tersebut. Masjid ini memiliki ruang dasar atau basement yang disangga menggunakan tiang untuk menghemat biaya pengurugan yang pastinya juga tidak sedikit.

Keunikan yang begitu menarik perhatian saat Anda melihat kawasan Mesjid Al-Akbar Surabaya adalah adanya kubah yang memiliki struktur berbentuk daun dengan menggunakan kombinasi warna hijau gelap dan biru pada bangunan yang memberikan kesan lebih sejuk dan tenang.

Hal lain yang membuat masjid ini terlihat semakin istimewa adalah adanya eksterior masjid yang dihiasi dengan berbagai corak ukiran serta kaligrafi. Pintu masuk pada masjid ini juga cukup banyak yaitu ada 45 pintu utama yang mana kesemuanya terbuat dari kayu jati yang diukir.

Hiasan ukiran dan kaligrafi juga bisa terlihat di bagian interior masjid. Pada bagian dalam masjid, Anda bisa melihat adanya rak Al Quran yang tersebar di seluruh ruangan masjid sehingga jamaah yang ingin membaca dan mempelajari Al Quran bisa dengan mudah menemukan kitab suci tersebut di rak-rak yang tersedia.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Surabaya dengan naik ke puncak menara setinggi 99 m. Untuk menaiki menara tersebut juga telah tersedia lift sehingga Anda tidak akan merasa lelah untuk mencapai puncak menara tersebut.

Ada berbagai ruangan yang tersedia di area masjid dengan fungsi dan tujuan yang beragam seperti ruangan aula Zam Zam, As Shofa, dan Al Marwah yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk menyelenggarakan upacara pernikahan Islami.

Ada juga ruangan Zaitun dan Yasmin yang biasanya digunakan untuk para peserta haji ataupun agen penyuluhan agama. Keberadaan Mesjid Al-Akbar Surabaya bisa menjadi pilihan yang menarik ketika Anda datang dan berkunjung ke kota Surabaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Religi Mesjid Al Akbar Surabaya"

Post a Comment