Tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan merupakan sebuah taman margasatwa yang berlokasi di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu keunikan dari kebun binatang ini adalah ini merupakan kebun binatang pertama yang ada di Indonesia. Awal pembangunan kebun binatang tersebut adalah sekitar 1864 di kawasan Cikini, Jakarta Pusat dengan luas lahan sekitar 10 hektar.

Kemudian, tahun 1964, kebun binatang tersebut dipindahkan ke kawasan ragunan dan secara resmi dibuka tahun 1966. Kebun binatang yang ada di Ragunan tersebut memiliki luas yang jauh luas dibandingkan yang pertama dibangun yaitu 140 hektar.


foto www.saranwisata.com/

Pada kawasan Kebun Binatang Ragunan tersebut tidak hanya terdapat binatang namun juga berbagai tumbuhan besar yang mampu memberikan kesejukan dan suasana nyaman di lokasi wisata tersebut.

Baca Juga : Tempat Wisata Lawang Sewu Semarang

Keberadaan kebun binatang dengan beraneka tumbuhan hijau di dalamnya juga bisa memberikan kontribusi positif bagi kehidupan Jakarta karena pepohonan tersebut bisa menjadi filter udara sehingga udara di kawasan tersebut bisa lebih segar dan sehat.

Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan banyak pengunjung datang berwisata ke kebun binatang yang berlokasi di ragunan tersebut. Mereka ingin menikmati suasana yang lebih nyaman dan sejuk terutama untuk mendapatkan supply udara segar yang memang sudah semakin sulit untuk ditemukan di Jakarta.

Destinasi wisata taman margasatwa di ibukota Jakarta tersebut dibuka mulai jam 9 pagi hingga jam 6 petang. Tarif untuk masuk ke kawasan #KebunBinatangRagunan juga terbilang sangat terjangkau sehingga tidak mengherankan ketika kawasan wisata tersebut menjadi pilihan yang menarik bagi para wisatawan meskipun saat ini di Jakarta sendiri sudah tersedia lebih banyak pilihan destinasi wisata lainnya.

Selain itu, dengan luasnya kawasan wisata kebun binatang tersebut, ada beberapa alternatif yang bisa menjadi pilihan untuk berkeliling kawasan kebun binatang. Pertama, pengunjung bisa menggunakan kereta wisata dengan tariff yang sangat terjangkau. kereta tersebut diperuntukkan bagi anak usia 3 tahun ke atas.

Selain naik kereta wisata, pengunjung juga bisa menggunakan sepeda khusus yang disewakan pihak pengelola dengan biaya yang juga terbilang murah. Tentu saja, bagi yang ingin menikmati dengan lebih santai, bisa berjalan kaki bersama.

Kebun Binatang Ragunan memiliki berbagai spesies binatang mulai unggas, reptile, primata, mamalia, dan lainnya. Pengunjung bisa menikmati beberapa hewan yang tersedia kawasan kebun binatang tersebut seperti adanya dunia orang-utan, pemutaran film binatang, ataupun hal-hal lainnya yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga bisa bersantai di kawasan tersebut bersama keluarga dengan menggelar tikar. Di dalam kawasan kebun binatang tersebut juga tersedia berbagai fasilitas penunjang yang bisa membuat pengunjung bisa berlama-lama di kebun binatang seperti adanya toilet, mushola, serta rumah makan yang menyajikan berbagai menu olahan yang nikmat.

Dengan melihat bahwa minta pengunjung terhadap keberadaan kebun binatang tersebut masih tinggi di tengah semakin maraknya berbagai lokasi wisata lain yang ada di Jakarta, pengelola pun berupaya untuk meningkatkan berbagai fasilitas tanpa melupakan kebutuhan utama bagi binatang yang hidup di dalamnya.

Kebersihan kandang serta lingkungan yang ada di kawasan tersebut juga menjadi perhatian penting untuk memberikan kenyamanan baik bagi pengunjung juga bagi binatang-binatang yang hidup di kebun binatang tersebut. Dengan keberadaan Kebun Binatang Ragunan di Jakarta, ini bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi terutama bersama anak dan keluarga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan Jakarta"

Post a Comment