Tempat Wisata Menarik Mesjid Istiqlal Jakarta

Mesjid Istiqlal Jakarta menjadi salah satu tujuan wisata wajib bagi para wistawan yang berkunjung ke ibukota negara Indonesia tersebut dalam beberapa waktu terakhir ini. Hal ini memang bukan hal yang aneh karena paradigma parawisata juga mengalami pergeseran yang mana sebelumnya orang lebih memilih untuk mengunjungi lokasi wisata untuk menikmati matahari, pasir dan tanah, serta lautan, kini banyak orang tertarik untuk berwisata guna menemukan ketenangan, keberlangsungan, serta spiritual. Hal inilah yang menjadikan banyak pengunjung berwisata ke situs-situs religi dan salah satunya adalah Mesjid Istiqlal yang berada di Jakarta tersebut.

Mesjid Istiqlal Jakarta ini tidak hanya bisa menjadi tempat ibadah bagi kaum muslim namun juga bisa menjadi pilihan menarik untuk berwisata bagi para pengunjung dan wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara.

Kemegahan yang ditawarkan pada Mesjid Istiqlal tersebut rupanya memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja bahkan bagi para tamu negara seperti Presiden Amerika Barrack Obama ketika berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga : Tempat Wisata Eksotis Gua Jatijajar Kebumen

Menurut Ketua Badan Pengelola Mesjid Istiqlal, mesjid agung tersebut pada setiap bulannya dikunjungi wisatwan luar hingga 5000 orang belum lagi masyarakat lokal baik dari kawasan Jakarta ataupun berbagai daerah lainnya. Mesjid Istiqlal dengan kemegahan yang dimiliki memang telah berubah menjadi suatu destinasi wisata menarik bagi para wisatawan.

Mesjid Istiqlal Jakarta ini dibangun sebagai bentuk syukur bangsa Indonesia atas kemerdekaan yang dimiliki setelah lebih dari 350 tahun pada masa penjajahan. KH Wahid Hasyim dan H Anwar Tjokroaminoto menjadi pencetus ide untuk dibangunnya mesjib yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Kata istiqlal tersebut diambil dari bahasa arab yang artinya adalah merdeka. Masjib agung dan megah ini dibangun dengan gaya arsitektur Islam modern dengan bentuk kubus dan kubah yang berbentuk bulat. Pada masjib ini terdapat 7 pintu yang merupakan lambang bahwa adanya 7 lapis langit serta 7 hari dalam seminggu.

Masing-masing pintu tersebut diberi nama Asmaul Husna yaitu Al Fattah, Al Quddus, As Salam, Al Ghaffar, Ar Rozzaq, Ar Rahman, dan Al Malik. Pintu Al Malik tersebut yang menjadi pintu masuk bagi Presiden dan Wakil Presiden ketika akan melakukan ibadah shalat di masjid tersebut karena pintu tersebut menjadi akses langsung untuk menuju barisan shaf paling depan.

foto :belajar.kemdikbud.go.id

Karena kini, keberadaan #MesjidIstiqlalJakarta juga telah menjadi suatu detsinasi wisata di ibukota, maka fasilitas yang ada di kawasan masjid tersebut juga mendapatkan berbagai peningkatan dan perbaikan supaya masjid tersebut bisa terlihat semakin mengagumkan dan memberikan kenyamanan bai pengunjung baik yang ingin beribadah ataupun sekedar berwisata di kawasan masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Salah satu fasilitas yang telah tersedia bagi para pengunjung adalah adanya area parkir yang dilengkapi dengan 20 papan informasi yang berisi tentang Mesjid Istiqlal. Informasi tersebut ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia serta bahasa Inggris. Keberadaan papan informasi ini akan sangat membantu bagi para pengunjung yang ingin mengenal tentang Mesjid Istiqlal lebih jauh.

Mesjid megah yang ada di ibukota tersebut rupanya juga dibuka dan memperbolehkan pengunjung non muslim untuk datang. Tentu saja, semua pengunjung harus mengenakan pakaian sopan, mengenakan kerudung bagi perempuan, serta melepaskan alas kaki saat memasuki masjid.

Hal ini untuk menjaga keagungan dari masjid yang memang ditujukan sebagai kawasan religi untuk memupuk spiritual. Mencapai ke kawasan masjid tersebut juga bukan hal yang sulit karena lokasi Mesjid Istiqlal sendiri berada dekat dengan Stasiun Kereta Api Gambir di kawasan Jakarta Pusat. Berwisata religi seperti berkunjung ke Mesjid Istiqlal Jakarta ini mampu memberikan efek beragam pada kesejahteraan masyarakat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tempat Wisata Menarik Mesjid Istiqlal Jakarta"

  1. Titanium Alloy & Construction Guide - Titanium Art
    The titanium oxide materials used titanium bar by various artisanship and artisans in 2018 ford fusion hybrid titanium the United States are 토토 사이트 코드 made up of nano titanium ionic straightening iron a series of metal oxide structures, in nano titanium flat iron which

    ReplyDelete