Tempat Wisata Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang merupakan suatu bangunan bersejarah di kota Semarang. Gedung yang penuh dengan sejarah di masa lalu tersebut bisa menjadi salah satu daya tarik wisata yang menarik di kota tersebut.

Sebelum menengok tentang keunikan dan keindahan bangunan bersejarah tersebut, alangkah baiknya bila kita mengenal tentang sejarah dari bangunan tersebut. Bangunan Lawang Sewu pertama kali dibangun pada tahun 1904 yang mana bangunan tersebut dipergunakan sebagai kantor pusat Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (kereta api) ketika masa Belanda berkuasa di kawasan tersebut.

Selain itu, bangunan tersebut juga pernah dipergunakan sebagai penjara bawah tanah pada masa penjajahan Jepang. Tak hanya itu, bangunan ini juga pernah dijadikan sebagai kantor pemerintahan Indonesia setelah negara ini mendapatkan kemerdekaan.

foto :https://bonitaphotoblog.wordpress.com

Lawang Sewu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti bahwa pintu seribu. Hal ini dikarenakan bangunan ini memiliki banyak sekali pintu sehingga diibaratkan bangunan tersebut memiliki seribu pintu.

Baca Juga : Keindahan Bukit Bintang Jogja Nan Elok

Lokasi Lawang Sewu Semarang berada di sebelah timur Tugu Muda Semarang yang lebih tepatnya berada di sudut Jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Salah satu daya tarik yang membuat banyak pengunjung ingin datang ke tempat wisata ini adalah bangunan tersebut memiliki arsitektur yang cukup unik serta menyimpan kekuatan magis.

Banyak orang menyebut bahwa tempat wisata ini merupakan lokasi yang sangat angker dengan banyak sekali hantu yang berkeliaran di kawasan tersebut. Hal ini menjadi hal yang cukup dimaklumi karena pada masa dulu, bangunan tersebut seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk pembantaian dan penyiksaan.

Hal inilah yang membuat para pengunjung merasa tertarik untuk menikmati keindahan dari bangunan kuno sekaligus mendapatkan sensasi yang menegangkan saat berada di kawasan tersebut.

Lawang Sewu Semarang memiliki desain dan gaya arsitektur yang unik khas Belanda. Kawasan bangunan tersebut terdiri dari empat bangunan yang mana untuk memasuki kawasan wisata tersebut pengunjung harus membayar tiket masuk.

Untuk mengelilingi bangunan gedung tersebut, Anda akan ditemani oleh pemandu. Bila Anda berkunjung sendirian ke lokasi tersebut, Anda bisa bergabung dengan pengunjung lainnya untuk menghemat biaya menyewa pemandu. Bangunan Lawang Sewu sendiri terdiri dari tiga lantai.

Bangunan tersebut memiliki suasana yang pengap dengan pencahayaan yang hanya remang-remang. Kondisi ini pula yang mampu menambahkan nuansa mistis di kawasan tersebut. Meski demikian, hal tersebut juga tidak mengurangi pesona yang dimiliki bangunan tersebut yang kaya akan sentuhan artistik dan unik.

Pengunjung akan diajak berkeliling ke lantai dua bangunan yang mana pada ujung bangunan tersebut terdapat jembatan penghubung untuk menuju gedung lainnya. Ketika menelusuri lorong, pengunjung bisa melihat adanya selokan di bagian tepi lorong yang mana menurut informasi selokan tersebut dulunya digunakan untuk membuang mayat yang dipenggal kepalanya pada masa penjajahan Jepang.

Selanjutnya, pengunjung akan dipandu untuk menuju ke bagian atas gedung yang merupakan loteng. Lokasi ini dulunya dijadikan sebagai tempat penyiksaan tawanan pada masa Jepang berkuasa. Selain kedua lantai tersebut, bangunan ini juga memiliki ruang bawah tanah.

Namun, untuk memasuki ruang bawah dari #LawangSewuSemarang, pengunjung harus membayar tiket lagi. Bagian ruang bawah tersebut dulunya dijadikan sebagai saluran pembuangan air serta penjara.

Setiap bangunan kuno dan bersejarah pastinya menyimpan cerita tersendiri. Tak terkecuali dengan bangunan kuno yang berada di Semarang tersebut. Meskipun banyak cerita mistis yang berkembang tentang bangunan tersebut, namun, hal ini rupanya justru memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Selain itu, bangunan dengan gaya arsitektur yang unik tersebut juga bisa menjadi pilihan menarik sebagai spot untuk berfoto. Jadi, bila Anda berkunjung ke Semarang, Anda sebaiknya menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Lawang Sewu Semarang untuk melihat betapa unik dan indah bangunan kuno tersebut

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tempat Wisata Lawang Sewu Semarang"