Menikmati Wisata Alam Di Ambon



Pantai Natsepa
Photo by : Gatot Imam Sutjahjo

Mencoba menikmati wisata alam di Ambon adalah sebuah gagasan yang sangat tepat untuk direalisasikan. Sebab ketika orang mengatakan kota Ambon maka yang terlintas dalam pikiran adalah dua hal, yakni musik dan juga pantai.

Dua hal ini menjadi sangat identik dengan kota Ambon sehingga membuatnya sebagai pilihan menarik untuk menghabiskan liburan. Tatkala keluar dari kawasan bandara Pattimura Ambon jangan heran menjumpai tulisan besar berbunyi “Ambon The City of Music”.

Mengenal Kota Ambon Lebih Dalam

Pulau Ambon terletak di Kepulauan Maluku, yang pada zaman VOC dulu menjadi incaran kalangan Belanda karena kaya akan rempah-rempah. Kota Ambon sendiri saat ini tercatat secara administratif sebagai provinsi dari Maluku.

Tidak akan sulit untuk singgah ke kota yang dikenal akan keindahan pantai dan musik tradisionalnya ini, apalagi sudah tersedia bandara internasional yakni bandara Pattimura Ambon. Ambon dikenal sebagai city of music karena disinilah Anda bisa menjumpai alat musik tradisional masih dimainkan nyaris setiap hari oleh masyarakatnya.

Tidak sulit untuk menikmati alunan musik dari berbagai alat musik tradisional tersebut, yang tentu bisa menemani perjalanan Anda berkeliling kota Ambon. Ambon juga identik dengan pantainya yang indah. 

Maklum saja karena Pulau Ambon termasuk pulau kecil yang otomatis diapit oleh lautan luas. Ada banyak pantai indah disini yang dikenal sebagai destinasi menarik para wisatawan, sebut saja seperti Pantai Liang, Pantai Natsepa, dan lain sebagainya.

Selain menyajikan wisata alam di Ambon yang menarik, kota ini juga dikenal sebagai kota plural karena menjadi tempat berdiam beberapa suku dan suku Alifuru merupakan suku dengan jumlah terbanyak disini.

Adapun suku asli masyarakat Ambon berasal dari ras Papua – Melanesia yang memiliki ciri khas kulit berwarna gelap. Ambon memiliki iklim tropis yang dipengaruhi oleh angin muson dari laut, maka wajib membawa tabir surya dan pakaian nyaman karena lumayan panas.

Akses menuju ke kota Ambon ini bisa memakai transportasi udara maupun laut, sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi. Jika Anda memakai pesawat maka cukup mencari penerbangan dari Jakarta ke Ambon, atau Makassar ke Ambon, dan Surabaya ke Ambon.

Penerbangan dari Jakarta ke Ambon diketahui ada setiap harinya sehingga Anda bisa berkunjung kapan saja. Sedangkan untuk kunjungan memakai kapal laut nantinya Anda akan  berhenti di pelabuhan Yos Sudarso dan bisa langsung menuju hotel yang sudah dipesan.

Kegiatan Wajib Saat Berlibur di Ambon

Sesampainya di Ambon maka bisa langsung merealisasikan daftar kegiatan wisata Anda disini, dan tentunya akan melibatkan banyak tempat wisata populer. Pilihan wisata alam di Ambon ternyata tidak sedikit sebab sejatinya kota satu ini memang menghadirkan pemandangan alam yang cantik khususnya di pantai-pantainya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kegiatan yang baiknya dinikmati setibanya di Ambon dan bisa dipertimbangkan:

1.    Berkunjung ke Pantai Wayame,

Pantai Wayame kini lebih dikenal sebagai Taman Laut Wayame sehingga tak hanya menjadi tempat terbaik menikmati keindahan tepi pantai. Namun juga terdapat unsur edukatif di wisata alam satu ini, karena menjadi tempat konservasi biota laut.

Nantinya Anda bisa menikmati suguhan bawah laut yang indah sekaligus pemandangan menarik di tepi pantainya. Kawasan taman laut ini terletak di desa Wayame, dan menjadi wisata bahari yang terus dikembangkan oleh pemerintah setempat.

Meski masih dalam masa pengembangan namun sudah dibuka untuk umum sehingga Anda bisa menikmati suguhan terbaiknya dengan nyaman. Berbagai ekosistem laut bisa dijumpai di taman laut satu ini dimulai dari terumbu karang sampai berbagai jenis ikan yang mempesona.

Sebagai tempat wisata edukasi maka Anda perlu menikmati kegiatan menyelam disini namun jangan sampai merusak ekosistem di dalam lautnya. Usahakan mematuhi apa yang disampaikan instruktur dan menghindari berbagai hal yang dilarang selama menyelam.

Salah satu wisata alam di Ambon satu ini juga memberikan pemandangan tepi pantai yang memanjakan mata. Selain menyelam Anda bisa duduk santai atau jalan-jalan di sepanjang pantai untuk menikmati keindahan tersebut.

Pepohonan kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai memberi pemandangan yang semakin indah sekaligus menyediakan titik yang terlindung dari sinar matahari. Lautnya pun menampilkan warna kebiruan yang jernih sehingga dilihat dari jauh Anda seolah berada di tengah surga.

2.    Mampir ke Pantai Natsepa.

Saat berkunjung ke kota Ambon dijamin akan menerima banyak rekomendasi untuk mampir ke Pantai Natsepa. Pantai ini berada di Desa Suli yang dari segi lokasi terbilang sangat strategis, bisa dijangkau dengan motor ataupun angkutan umum jurusan Suli. Sebagai pantai yang sangat terkenal di Ambon maka jangan kaget jika nyaris sepanjang hari selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Meski tidak terlalu sunyi namun Pantai Natsepa ini cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin menikmati pantai tanpa takut terbakar matahari. Pasalnya di sepanjang pantainya ditumbuhi banyak pepohonan yang menyediakan kesejukan sehingga tidak takut panas lagi. Menariknya ada banyak kegiatan seru bisa dinikmati di Natsepa, seperti kegiatan memancing di laut lepas dengan menyewa perahu yang berbiaya Rp 20ribu/jam.

Opsional lain adalah berbelanja ikan segar dengan harga murah meriah, sebab tak jauh dari Pantai Natsepa Anda akan menjumpai pasar ikan segar. Jaraknya sekitar 700 meter, yang tentunya cocok dikunjungi oleh Anda yang tidak ingin ribet memancing namun bisa mengolah dan menyantap sajian ikan laut segar. Kemudian yang jangan sampai terlupa adalah mencicipi kelezatan rujak buah khas Natsepa yang tersohor di seantero negeri.


Makan Seafood Kaki Lima
Photo by : Gatot Imam Sutjahjo


Salah satu ciri khas rujak buah disini adalah sambalnya yang memakai kacang tanah namun digiling kasar. Dipadukan pula dengan beberapa jenis rempah yang memberi sensasi manis, asam, pedas, sekaligus gurih secara bersamaan.


Rujak Buah Ambon
Photo by : Gatot Imam


Cara terbaik menikmati rujak buah ini adalah sembari duduk manis di bawah pohon untuk menikmati keindahan air laut Pantai Natsepa yang kebiruan.


Makan Rujak Buah
Photo by : Gatot Imam Sutjahjo


3.    Mencicipi seafood di Jl. Sam Ratulangi Ambon.

Tak lengkap rasanya jika sudah mampir ke Ambon namun tidak mencicipi kelezatan kulinernya yang memakai olahan seafood. Sajian seafood di Ambon juga sangat terkenal karena memang rasanya yang memanjakan lidah.


Ikan Kerapu bakar
Ikan Kerapu Bakar


Hal ini tidak terlepas dari kesegaran seafood yang digunakan karena usai ditangkap segera dijajakan di pusat kota, tepatnya di Jl. Sam Ratulangi. Menariknya di jalan ini pula bertengger Amplaz yakni Ambon Plaza sehingga cocok pula untuk sekaligus menikmati wisata belanja.


Ikan Laut Segar
Bermacam Ikan Laut Segar


Kuliner seafood di Ambon memang perlu diakui menjadi sajian terbaik karena mengandalkan bahan-bahan yang segar. Kemudian diracik dengan perpaduan rempah yang kaya untuk meningkatkan kualitas rasa, aroma, dan tentunya penampilan seafood itu sendiri. Ketika mampir kesini Anda bisa memesan seafood dari ikan, cumi, dan udang yang dijamin dalam kondisi segar ketika diolah.

Bagaimana, sudah tergiur untuk mencicipi sensasi wisata alam di Ambon? Jika sudah segera susun agendanya dari sekarang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menikmati Wisata Alam Di Ambon"

Post a Comment