Kompleks Candi Gedong Songo Yang Sangat Mempesona


Indonesia adalah sebuah Negara yang terdiri dari pulau-pulau. Diantara pulau-pulau, terdapat laut, selat-selat. Di pulau atau daratan terdapat sungai-sungai, danau-danau, gunung-gunung, bukit-bukit, hutan. Dibagian tertentu dari semua itu terbentuk pemandangan-pemandangan yang indah dan bagus serta sejuk.

Bukan hanya itu. Sebelum dijajah Belada dan Jepang kepulauan Nusantara terdiri dari kerajaan-kerajaan. Tercacat beberapa kerajaan besar diantaranya, kerajaan Sriwijaja di pulau Sumatra, kerajaan Mataram Kuno di Jawa, kerajaan Mojopahit, kerajaan Singosari, kerajaan Majapahit, kerajaan Mataram. Kerajaan Kediri yang rajanya bernama Prabu Joyoboyo yang terkenal dengan ramalamnya, yang disebut Jongko Joyoboyo.



Kerajaan tersebut rata-rata meninggalkan jejak, bukan dalam bentuk keraton yang megah, tetapi berupa makam, prasasti , tempat pemujaan dan cand-candi.
Seperti yang lansir oleh Badan Suaka Peninggalan Sejarah Dan Purbakala Jawa Tengah, Kompleks Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran. Secara administrative Candi Gedong Songo termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang Propinsi Jawa Tengah.

Baca Juga : Wisata Keliling Jakarta Naik Bis Tingkat Gratis

Berbicara kata ‘Semarang”, sesungguhnya ada dua pemerintahan. Pertama, Kotamadya Semarang, dengan ibukota kota Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Semarang sekaligus menjadi ibukota Propinsi Jawa Tengah. Kedua, Kabupaten Semarang, dengan ibukota kota Ungaran. Di Ungaran inilah sebenarnya letak dari Kompleks Candi Gedong Songo.



Untuk menuju lokasi Kompleks Candi Gedongsongo dapat ditempuh dengan mudah melalui kota Ambarawa kea rah utara lewat jalan beraspal berjarak kurang lebih 12 Km. Kompleks Candi Gedongsongo kira-kira terletak pada ketinggian antara 1.200 sampai dengan 1.800 meter diatas permukaan laut, dan suhu berkisar rata-rata 19 sampai dengan 27 derajat Celcius.

Pemandangan alamnya sangat indah lengkap dengan air belerang, menjadikan kawasan ini mampu menaik perhatian para wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan Mancanegara, untuk datang berkunjung.

Kumpulan candi yang terletak di lereng sebuah gunung dan tentunya berhawa sejuk, mengapa dinamakan Gedong Songo? Gedong itu bahasa Jawa, yang artinya Gedung, dan songo artinya Sembilan. Jika digabung menjadi satu, Gedung Sembilan. Hal ini menunjukkan bahwa rangkaian candi tersebut berjumlah sembilan.

Apabila ingin mengunjungi seluruh candi, maka dipelukan tenaga extra, karena jalan dari satu candi ke candi laninnya menanjak. Namun tidak perlu khawatir, karena kelelahan Anda diatasi dengan jalan naik kuda, dengan tariff yang berbeda-beda sesuai tujuan candi yang akan dikunjungi. Sebagai contoh untuk mengelilingi candi pertama dipatok tarif sebesar Rp. 50.000,-.



Rincian tarif wisata kuda Candi Gedong Songo

Ke Candi 1(satu)
Wisatawan domemestik = Rp. 30.000,-.
Wisatawan mancanegara = Rp. 50.000,-

Ke Candi 2 (dua)
Wisatawan domestik = Rp. 60.000,-
Wisatawan mancanegara = Rp. 70.000,-

Ke Candi 3 (tiga)
Wisatawan domestik = Rp. 70.000,-
Wisatawan mancanegara = Rp. 80.000,-

Ke Air Panas.
Wisatawan domestik = Rp. 80.000,-.
Wisatawan mancanegara = Rp. 100.000,-.

Ke Candi 9 (Sembilan).
Wisatawan domestik = Rp.90.000,-.
Wisatawan mancanegara = Rp. 150.000,-.

Lokasi Gedong Songo bisa diakses dari Semarang, Magelang, Solo dengan sangat mudah, mengingat jalannya beraspal dan mulus, tidak bergelombang. Namun jangan lupa, terhadap kondisi kendaraan bermotor Anda, karena jalan menuju lokasi candi menanjak. Perhitungkan umur kendaraan dan muatannya. Beberapa kendaraan, baik roda dua maupun roda empat tidak kuat menanjak.

Disamping menguras sumber daya alam  atau kekayaan alam Indonesia, penjajah juga meninggalkan sesuatu yang bisa dimanfaatkan ketika Indonesia merdeka, seperti misalnya kereta api dan jalurnya, jalan raya yang menghubungkan antar kota.

Bahkan salah tokohnya, yaitu Raffles menemukan candi-candi dan membangun kembali jika candi yang ditemukan kedapatan rusak, sehingga keberadaannya bisa lestari dan menjadi tujuan wisata yang menghibur bagi pelancong dan menghasilkan pundi-pundi uang bagi pengelola dimana obyek wisata itu berada.

Demikian cerita tentang Candi Gedong Songo, ada sebagian orang menyebut Candi Gedong, salah satu tempat wisata di Semarang. Semoga apa yang disampaikan situs tempat wisata menarik keren dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kompleks Candi Gedong Songo Yang Sangat Mempesona"

Post a Comment