Kenangan Jalan-jalan Wisata Ke Hongkong



Pernahkah Anda jalan-jalan wisata ke Hongkong? Jika belum maka tidak perlu cemas, karena bisa berkunjung ke negara ini kapan saja ketika Anda mendapatkan jatah liburan. Meskipun negara Hongkong dikenal sebagai negara dengan biaya hidup yang lumayan nyatanya untuk bisa liburan dengan budget miring disini sangat memungkinkan.

Point yang perlu dicatat adalah membatasi jumlah destinasi setibanya di Hongkong dan disarankan memilih tempat wisata populer.

Daftar tempat wisata populer disini cukup banyak, dan Anda bisa kembali melirik budget di kantong untuk memilih tempat yang sesuai. Sekedar referensi Anda bisa menikmati beberapa kegiatan berikut selama di Hongkong tanpa cemas masalah kantong yang tipis.

Bersantap di Restoran Terapung Jumbo Kingdom 

Jika menyambangi negara Hongkong jangan lupa mampir ke landmark negara tersebut yakni Restoran Terapung Jumbo Kingdom. Sesuai namanya restoran satu ini memang berada di atas laut yang memang pada dasarnya sebuah perahu atau kapal pesiar raksasa yang diubah menjadi restoran. Sejak pertama kali berdiri restoran terapung ini tak pernah sepi pengunjung, dan memang selama 40 tahun pengunjung disini didominasi kalangan wisatawan.

Merasa tertarik untuk mampir? Maka Anda bisa menuju ke Pelabuhan Aberdee yang ternyata bisa dicapai dengan banyak transportasi umum. Pilihan pertama adalah memakai feri shuttle yang ternyata gratis sehingga cocok untuk pemilik prinsip wisata ke Hongkong dengan murah.

Feri ini akan melayani beberapa rute dan Anda yang ingin ke Aberdeen bisa turun di Shum Wan Pier atau Pelabuhan Aberdeen. Setibanya di pelabuhan Anda bisa berjalan kaki sebentar untuk mencapai Restoran Terapung Jumbo Kingdom.

Opsional kedua menuju ke landmark Hongkong ini adalah dengan menggunakan transportasi MRT, yakni dari stasiun Wong Chuk Hang di pintu B. setelah menempuh perjalanan antara 5-8 menit maka Anda akan sampai di stasiun MRT kawasan Shum Wan Pier.

Tinggal jalan kaki saja beberapa menit untuk mencapai Restoran Terapung Jumbo Kingdom, yang tentu bisa menikmati santapan lezat disini. Restoran terapung ini menyajikan tiga set menu berisi olahan seafood segar, olahan dim sum, dan terakhir menu khas China Kanton.

Salah satu menu andalan disini adalah Drunken Shrimp yang memakai bahan udang segar yang diolah secara unik. Menu istimewa di Jumbo Kingdom ini setidaknya bisa dinikmati dengan biaya sekitar 1.000 Dollar Hongkong, dan untuk sensasinya tentu masih terbilang murah.

Mampir ke Ocean Park Hongkong untuk Melihat Panda 

Kegiatan kedua yang mendukung tujuan wisata ke Hongkong dengan murah adalah mampir ke Ocean Park Hongkong. Yakni sebuah kebun binatang yang di dalamnya terdapat beberapa hewan langka, dan yang paling terkenal adalah panda.

Kebun binatang ini merupakan kebanggaan masyarakat Hongkong dan usahakan saat ke sini menyiapkan satu hari penuh, karena ada banyak kegiatan seru bisa dilakukan di dalamnya.

Akses menuju ke Ocean Park Hongkong terbilang mudah, sebab terdapat rute bus khusus yang menuju kesini. Pertama Anda naik MRT dulu untuk menjangkau stasiun Admiralty Exit B, kemudian dari sini bisa langsung menuju ke Admiralty Bus Terminal dan langsung naik bus tujuan Ocean Park.

Perjalanan naik bus ini memakan waktu sekitar 20 menit dan langsung turun di depan Ocean Park. Jam operasional bus dari jam 9 pagi sampai sore, jadi usahakan datang ke terminal saat masih pagi.

Sebelum bisa masuk ke Ocean Park Anda wajib membeli tiket masuk sebesar 250 Dollar Hongkong, dan di high season sebaiknya memesan tiket secara online agar bebas antrian panjang. Biaya tiket ini sudah  bersih artinya bisa menikmati seluruh isi Ocean Park tanpa biaya tambahan, dan menariknya untuk anak usia 3 tahun ke bawah bisa masuk gratis. 

Saat masuk ke dalam Ocean Park Anda akan menjumpai dua area besar, pertama adalah area di dekat pintu masuk yang disambut dengan danau buatan. Kemudian yang kedua adalah area di balik gunung dan untuk berpindah dari satu area ke area satunya perlu naik cable car dan pilihan lainya adalah naik Ocean Express. 

Meski areanya sangat luas namun untuk menghemat budget bahkan waktu setidaknya Anda mampir ke area favorit. Diantaranya adalah:

Giant Panda Habitat, di mana Anda bisa menyaksikan dua ekor panda asal China namun untuk menikmatinya perlu antri tiket masuk yang cukup panjang.
Sea World, dan sesuai namanya merupakan akuarium raksasa untuk menikmati keindahan habitat dasar laut.
Goldfish Treasure, merupakan area dipamerkannya banyak akurium berisi aneka jenis ikan berukuran kecil.
Jangan terlupa pula untuk menikmati show di detik-detik jelang penutupan Ocean Park, yakni masuk ke area danau buatan Whisker’s Harbour yang dimulai sekitar jam 7 malam.

Mencicipi Fasilitas MRT Khas Hongkong 

Jika menikmati wisata ke Hongkong maka tidak akan bisa dilepaskan dari penggunaan transportasi publik MRT Hongkong atau kereta listrik. Tentunya istilah MRT sudah tidak asing karena dalam waktu dekat kereta listrik serupa akan beroperasi di Jakarta.



Menariknya transportasi MRT di Hongkong ini mampu menjangkau semua titik dan bahkan melintasi pulau-pulau yang dimiliki negara ini. Jika masih pengalaman perdana maka dijamin akan sedikit bingung saat memanfaatkan layanan publik ini.

Langkah pertama untuk bisa naik MRT ini adalah dengan membeli Octopus Card yang harganya 150 Dollar Hongkong, harga ini sudah termasuk deposit sebesar 50 Dollar Hongkong. Sehingga sesaat setelah dibeli kartu ini sudah bisa dipakai naik MRT bahkan bisa dipakai belanja di minimarket serba ada di seluruh Hongkong.

Tarif untuk MRT disesuaikan dengan jaraknya maka semakin dekat semakin murah dan begitupun sebaliknya. Jarak terdekat biasanya akan dibebankan biaya 3.5 Dollar Hongkong dan jarak terjauh sekitar 22 Dollar Hongkong.

Setelah mengantongi Octopus Card maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan peta MRT Hongkong yang bisa didapatkan di tempat Anda membeli kartu tersebut. Lewat peta ini Anda tahu di titik mana saja stasiun MRT berada dan lengkap dengan berbagai nama tempat bahkan  bangunan untuk memudahkan Anda berhenti di tujuan yang diinginkan.

Memasuki stasiun MRT usahakan sudah memegang kartu Octopus tadi, sebab perlu didekatkan ke mesin pembaca kartu untuk bisa masuk ke peron.

Selalu pegang peta MRT Hongkong, untuk mengetahui harus masuk ke line¸warna, dan jurusan MRT yang benar. Sebab semua point ini perlu diingat terutama jika tujuan Anda mewajibkan pindah ke line lain, biasanya untuk pindah line paling mudah dengan turun memakai eskalator.

Namun untuk beberapa tujuan membuat Anda perlu berjalan kaki lumayan jauh. Meski begitu dijamin saat sudah mengikuti peta dan mau bertanya pada petugas maupun penumpang lain tidak akan tersesat. Menariknya MRT Hongkong ini mampu mewujudkan impian wisata ke  Hongkong dengan murah sehingga wajib untuk dicoba.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenangan Jalan-jalan Wisata Ke Hongkong"

Post a Comment